Pengertian DNS dan Domain

Posted on 19.26 by -aHmEd RidHo-

1. Pengertian DNS
(Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.
DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail.
2. PENGERTIAN DNS
Domain Name System (DNS) Adalah sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address dan salah satu jenis system yang melayani permintaan pemetaan IP address ke FQPN (Fany Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP address. DNS biasanya digunakan pada aplikasi yang berhubungan ke internet sererti Web Browser atau e-mail, Dimana DNS membantu memetakan host name sebuah computer ke IP address. Selain digunakan di internet DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau internet.
FUNGSI DNS
A. Kerangka Peraturan pengiriman secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal sebagai rekod TXT.
B. Menyediakan keluwesan untuk kegagalan computer,Beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Tepatnya,Tiga belas server akar (root server)digunakan oleh seluruh dunia.
KEUNGGULAN DNS
A. DNS mudah untuk di implementasikan di protocol TCP/IP
B. DNS server mudah untuk di konfigurasikan(Bagi admin)
C. User tidak lagi di repotkan untuk mengingat IP address
KEKURANGAN DNS
A. DNS tidak mudah untuk di implementasikan
B. Tidak konsisten
C. Tidak bias membuat banyak nama domain
IP (Internet Protocol Address)
adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. IP sangat berbeda dengan DNS. Panjang dari angka di IP ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
Contoh untuk IP:
192.168.0.1
192.168.0.2
192.168.0.3
202.134.0.13

Pengertian Domain

Domain = Nama Alias , yang berfungsi sebagai pengganti Internet Protocol (IP). Untuk lebih jelasnya tentang pengertian domain mungkin contoh berikut dapat lebih mudah untuk dipahami, misalnya kita tentu akan sulit sekali untuk menghafal Internet Protokol (IP) yang bernama 66.94.230.36. Padahal IP 66.94.230.36 yang dikenal didunia maya ini adalah apa yang kita kenal sebagai www.yahoo.com, dan yahoo.com inilah yang disebut domain

Ada beberapa aturan dalam penggunaan nama domain dalam hubungannya dengan penggunaan oleh organisasi, misalnya .edu yang digunakan untuk institusi pendidikan, .org yang digunakan untuk organisasi dan ada juga domain yang mengindikasikan domain dari negara asal seperti misalnya .ac.id yang digunakan pada lembaga pendidikan di Indonesia, .or.id yang digunakan untuk lembaga nirlaba dan lain sebagainya.
Daftar Penggunaan Domain di Indonesia
AC.ID
Digunakan oleh Lembaga Pendidikan yang memiliki program minimal diploma 1 tahun (D1), dan beroperasi sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Termasuk didalamnya yang bukan dibawah naungan Ditjen Dikti Depdikbud seperti IAIN, Akademi Departemen dan lain sebagainya.
SCH.ID
Digunakan oleh Sekolah seperti TK, SD, SMP, SMA, termasuk Madrasah, serta lembaga pendidikan yang berada dalam naungan PLSM Diknas, seperti lembaga kursus dan sejenisnya.
CO.ID
Digunakan oleh Badan Usaha yang memiliki badan hukum yang sah serta memiliki SIUP atau badan hukum yang sah (seperti PT, CV, Firma dll)
GO.ID
Digunakan Khusus untuk Lembaga milik Pemerintah Indonesia
MIL.ID
Digunakan Khusus untuk Lembaga dalam jajaran militer Republik Indonesia
NET.ID
Digunakan oleh perusahaan penyelenggara berbadan hukum resmi yang memiliki customer eksternal dan bukan merupakan anggota organisasi tersebut ( misal : telkom.net.id)
OR.ID
Digunakan oleh organisasi yang tidak termasuk ac.id, co.id, go.id, mil.id, net.id dll
WEB.ID
Digunakan untuk badan usaha, organisasi ataupun perorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web (WWW)
Struktur Domain
Dalam pembahasan domain, terdapat beberapa struktur atau tingkatan yaitu :
• Tingkat Pertama : disebut Top Level Domain (TLD) yaitu deretan kata dibelakang nama domain seperti misalnya : .com (dot-commercial), .net (dot-network), .org (dot-organization), .edu (dot-education), .gov (dot-goverment) dan .mil (dot-military)
Top Level Domain ada dua macam :
• Global Top Level Domain (gTLD) adalah seperti yang disebut di atas.
• Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah top level domain yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti untuk Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id), untuk Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg dan lain sebagainya) dan UK di Inggris.
• Tingkat Kedua : disebut Second Level Domain (SLD), yaitu nama yang sebenarnya terdaftar, misalnya wordpress.com, maka wordpress adalah SLD sedamgkan .com adalah TLD
• Tingkat Ketiga : disebut Third Level Domain, yaitu sering disebut dengan subdomain, nama sebelum SLD dan TLD seperti misalnya y3pp33.wordpress.com, nama y3pp33 adalah sub domain atau Third Level Domain.
Beberapa waktu yang lalu, pihak ICANN (Internet Corporation for Assigned Namesand Numbers), yang mengatur regulasi internet, memutuskan untuk melonggarkan sejumlah aturannya yang sejak 25 tahun belum pernah diperbaharui, yaitu tentang nama-nama Top Level Domain (TLD) yang boleh ditulis dalam karakter bukan Inggris, seperti bahasa Arab atau bahasa Cina.
Dengan peraturan dan sistemnya yang akan diperbaharui, pemilik domain individu, perusahan atau kelompok dapat mendaftarkan diri ubtuk memiliki nama domain yang khusus seperti .mediablog, .bank, .sport, .apa saja dan perusahaan juga dapat mengubah domain name-nya bila ingin menonjolkan nama usahanya atau merk dagangnya seperti misalnya wordpress.com menjadi worpress.blog atau apple.com menjadi apple.mac dan lain sebagainya.
Mengenai proses pengajuan dan persyaratan lainnya, tentu akan melalui persetujuan dari ICANN, mengingat diperlukan proses peninjauan kembali terhadap nama-nama yang diajukan guna menghindari konflik merek dagang atas nama tersebut, juga menghindari nama-nama yang mengandung unsur rasis dan lain sebagainya.
Cara Memiliki Domain
Untuk memiliki domain seperti tersebut di atas, paling mudah adalah melalui ISP sering disebut provider hosting, dan untuk pengelolaan domain ekstensi di Indonesia ini pengelolaannya dilakukan oleh www.cctld.or.id.
Cara memiliki domain ini sendiri ada yang harus bayar alias tidak gratis seperti ” .com “, namun banyak juga yang dapat diperoleh secara gratis.
Beberapa daftar domain gratis :
- co.cc
- co.nr
- c-o.in
- coz.in
- web.id
- Dan lain-lain mungkin masih banyak lagi
Beberapa daftar provider hosting :
- rumahweb.com
- jagoanhosting.com
- idebagus.com
- IndoWebsite
- qword.com
- dapurhosting.com
- Dan lain-lain masih banyak lagi

1 komentar:

Posting Komentar