Prediksi Awal Penyisihan Grup Piala Dunia

Posted on 07.40 by -aHmEd RidHo-

Drawing Piala Dunia 2010. (c)AP

Jumat (4/12), FIFA melakukan pengundian Grup Piala Dunia di Cape Town, Afrika Selatan, sebagai event "pembuka" pesta sepak bola dunia yang akan digelar untuk pertama kalinya di benua Afrika tahun depan.

32 negara sudah mengetahui calon lawan-lawan mereka di Afrika Selatan yang terbagi dalam delapan grup.

Berikut analisa awal dan prediksi kemungkinan lolos 16 besar dari setiap grup.

Grup A: Afrika Selatan, Meksiko, Uruguay, dan Prancis

Tuan rumah Afrika Selatan mengawali pesta "vuvuzuela" dengan menghadapi tim langganan Piala Dunia, Meksiko, pada pertandingan pembuka. Langkah Afrika Selatan tidak akan mudah karena di grup ini juga bercokol dua mantan juara dunia, Uruguay dan Prancis, nama terakhir adalah finalis edisi sebelumnya, Piala Dunia 2006 di Jerman. Bila tidak mampu menunjukkan kualitasnya, Bafana-bafana bisa menjadi tuan rumah pertama yang tersingkir di penyisihan grup.

Prediksi lolos 16 besar: Prancis dan Meksiko

Grup B: Argentina, Korea Selatan, Nigeria, dan Yunani

Argentina pantas difavoritkan di grup ini. Nigeria yang berstatus wakil benua Afrika relatif lebih mengenal cuaca dan atmosfer Afrika Selatan, meski Yunani yang untuk pertama kali lolos ke Piala Dunia setelah menjuarai Piala Eropa 2004 lalu tidak bisa dipandang sebelah mata. Korea Selatan? Semifinal 2002 masih akan menjadi pencapaian terbaik dalam sejarah Tim Ginseng.

Prediksi lolos 16 besar: Argentina dan Nigeria

Grup C: Inggris, Amerika Serikat, Algeria, dan Slovenia

Keinginan Frank Lampard agar Inggris tidak masuk grup neraka terpenuhi ketika The Three Lions "hanya" satu grup dengan Amerika Serikat, Algeria, dan Slovenia. Tiga tim selain Inggris berpeluang sama untuk lolos ke babak 16 besar. Algeria pantas dijagokan bila melihat heroisme mereka lolos ke Afrika Selatan dengan menyingkirkan rival abadi, Mesir. "Memang ada grup lain yang lebih berat daripada kami, tapi saya ingat ketika masih bermain dengan Italia pada Piala Dunia 1974. Saya katakan kepada pemain bahwa tidak ada yang benar-benar mudah," kata pelatih Inggris, Fabio Capello.

Prediksi lolos 16 besar: Inggris dan Algeria

Grup D: Jerman, Australia, Ghana, dan Serbia

Tim Panser Jerman menghadapi undian dengan lawan-lawan yang relatif tangguh. Australia masih penasaran dengan penalti kontroversial yang menyingkirkan mereka di babak 16 besar empat tahun lalu, sedangkan Ghana yang diperkuat Michael Essien akan menjadi kuda hitam bersama Serbia yang sangat solid selama kualifikasi.

Prediksi lolos 16 besar: Jerman dan Ghana

Grup E: Belanda, Jepang, Kamerun, dan Denmark

Di atas kertas, Belanda akan mudah mengatasi Jepang, namun tidak dengan Kamerun dan Denmark. Kamerun dengan ketajaman Samuel Eto'o dan kesolidan Tim Dinamit Denmark yang ingin mengulang sejarah 1992 akan menjadi batu sandungan bagi tim "Oranje".

Prediksi lolos 16 besar: Belanda dan Denmark/Kamerun

Grup F: Italia, Selandia Baru, Paraguay, dan Slovakia

Juara bertahan Italia berada di "grup ringan" bersama Selandia Baru, Paraguay, dan tim debutan Slovakia. Bagi Selandia Baru dan Slovakia, lolos ke putaran final sudah menjadi sejarah tersendiri bagi kedua negara. Dengan tradisi, pengalaman, dan sejarah yang dimiliki, Italia dan Paraguay akan berebut dua teratas di grup ini.

Prediksi lolos 16 besar: Italia dan Paraguay

Grup G: Brazil, Korea Utara, Pantai Gading, dan Portugal

Grup neraka. Brazil sebagai pengoleksi gelar terbanyak Piala Dunia akan berhadapan dengan dua tim kuat, Pantai Gading dan "Samba-nya Eropa" Portugal. "Berada di grup keras justru bagus karena membuat kami harus fokus. Memang tidak akan ada laga mudah karena kekuatan tim berimbang. Tapi kami sangat percaya diri dengan permainan kami," ujar Dunga kepada kepada Sportv. Pantai Gading berpengalaman berada di grup neraka pada Piala Dunia 2006, sedangkan Portugal tampil kurang meyakinkan selama kualifikasi. Sementara itu untuk Korea Utara, tampil di Piala Dunia setelah absen selama lebih dari 40 tahun sudah menjadi prestasi besar bagi mereka.

Prediksi lolos 16 besar: Brazil dan Portugal

Grup H: Spanyol, Honduras, Chile, dan Swiss

Juara Eropa 2008, Spanyol, menjadi unggulan di grup ini, meski pelatih La Furia Roja, Vicente del Bosque, mewaspadaikekuatan tiga calon lawan mereka, "Honduras adalah tim yang paling tidak kami kenal, tetapi mereka jelas akan mempresentasikan kesulitan tersendiri. Chile memiliki tim yang hebat, dan Swiss telah melakukannya dengan baik," Pendapat Del Bosque diamini Iker Casillas, "Kami tetap menaruh respek kepada tim lain di grup kami dan tidak berpikir sembilan poin akan mudah kami kantongi,"

Prediksi lolos 16 besar: Spanyol dan Swiss (zul/bola)

0 komentar:

Posting Komentar